Sabtu, 21 April 2018

PekerjaanKu

SABTU, 21 APRIL 2018


Hidup ini adalah Anugerah , Namun masih banyak sekali yang kurang bersyukur contoh seperti diri saya sendiri. Dalam hal bekerja saya masih suka mengeluh dengan pekerjaan saya saat ini ..
Awal saya bekerja saya sangat bahagia mendapatkan pekerjaan , namun saat saya sudah menjalaninya saya mulai malas-malasannya bekerja.. 

Hari demi hari saya lalui dengan bekerja bekerja dan bekerja , suatu ketika saya melakukan kesalahan di tempat saya bekerja , saya dimarahi sampai menangis karena memang saya melakukan kesalahan.. lalu saya memperbaiki kesalahan yang saya buat .. tapi lagi-lagi saya membuat kesalahan dan jujur sangat berat rasanya untuk mengakui kesalahan yang saya sudah buat ke hadapan atasan saya , tetap mau tidak mau saya harus memberi tahu.. 

Dari kesalahan yang saya buat saya menjadi banyak belajar dan mengetahui hal-hal baru yang belum saya ketahui sebelumnya..

Saya terus memotivasi diri sendiri bahwa pekerjaan saya saat ini harus saya syukuri dan kerjakan semaksimal mungkin.. karena banyak diluar sana yang sulit mendapatkan pekerjaan.. 
belum lagi orang-orang yang harus bekerja panas-panasan tidak senyaman ruang bekerja saya..

Saya ingin memberikan yang terbaik untuk Perusahaan.. 

#JIKA ANDA TIDAK MAU BERUBAH MAKA ANDA AKAN PUNAH ;)



Read More

Minggu, 09 Juli 2017

Kekasih

 ..
Terkadang aku heran sebenarnya bagaimana mau mu?
Aku mengartikan sebuah hubungan itu adalah saling memahami , menjaga baik itu perasaan atau hati , komunikasi , dan saling memperdulikan .
Tapi mengapa hubungan ini seperti tidak ada hal tersebut masuk ke dalamnya ,
Namun walaupun begitu mengapa masih saja bertahan?

Read More

Kamis, 22 Desember 2016

Proposal Bisnis



 

"Proposal Usaha Rumah Makan"

 

 

A. Latar Belakang

Bidang usaha rumah makan merupakan salah satu bidang usaha yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang di dalam kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu. Bisnis rumah makan merupakan pilihan yang tepat di tengah situasi perekonomian dan perkembangan

jumlah penduduk. Alasan mendasar dari bisnis rumah makan ini adalah “orang perlu makan untuk hidup” sehingga hal tersebut menjadikan alasan mengapa harusmengembangkan bisnis rumah makan.

Memiliki modal usaha yang minim sering kali membuat sebagian besar orang mengurungkan niatnya untuk memulai usaha. Padahal sebenarnya jika mereka jeli, saat ini sudah banyak peluang usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Salah satunya yaitu peluang usaha di bidang makanan.

Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba peluang usaha makanan dengan modal kecil, pekan ini kami informasikan salah satu ide usaha di bidang makanan yang bisa dijalankan dengan murah dan mudah.

Tingginya permintaan pasar akan berbagai jenis produk makanan terutama lauk pauk, membuat berbagai peluang usaha di bidang ini menjanjikan untung besar bagi setiap pelakunya. Kesempatan inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh omset besar setiap bulannya. Anda dapat membuka bisnis makanan yang menawarkan aneka macam lauk pauk kepada konsumen disekitar rumah Anda.

B. Aspek Manajemen 

1. Pemilik : Orang yang mengatur jalannya Rumah Makan , serta kerja para Karyawan. Dan bertanggungjawab penuh atas kelangsungan usaha.  

2. Manager : Manager bertugas mengawasi dan membawahi tiga bidang, yaitu Bidang produksi, Bidang Keuangan, Bidang pemasarn dan pelayanan konsumen. Manager bertanggung jawab penuh atas pengelolaan warung.

3. Bidang Produksi : Pada bidang produksi ini dipekerjakan 1 orang koki yang handal dan berpengalaman. Koki bertugas memasak dan mengolah menu-menu yang ada pada Rumah Makan.

4. Bidang Keuangan : Bidang keuangan bertugas sebagai kasir dan akuntan, yang mana harus dapat mengatur jumlah pemasukan dan pengeluaran dana Rumah Makan. Kasir bertanggungjawab terhaadap dana yang diterima dari konsumen, sedangkan akuntan bertanggungjawab atas pembukuan kas.

5. Bidang Pemasaran dan Pelayanan Konsumen : Bertugas mempromosikan Rumah Makan kepada Masyarakat , menyambut kedatangan pelanggan serta mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan pelanggan dan bertanggungjawab atas semua pelayanan serta kebersihan Rumah Makan.

C. Konsumen 

Menyajikan berbagai macam aneka lauk sebagai peluang usaha, tentunya memberikan kesempatan bagi Anda untuk membidik target pasar yang cukup luas. Mulai konsumen anak kost yang terdiri dari para pelajar, mahasiswa maupun karyawan, sampai para ibu rumah tangga dan masyarakat umum lainnya, bisa Anda jadikan sebagai target konsumen yang cukup potensial.

D. Info produk

Membuka sebuah bisnis dan mendapatkan untung besar dari usaha tersebut memang menjadi salah satu impian besar bagi banyak orang. Namun untuk mencapainya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pelaku usaha sebelum akhirnya mencapai impian besar yang telah mereka cita-citakan.

Untuk itu berikut kami informasikan kepada para pembaca, beberapa persiapan yang perlu diperhatikan para pelaku usaha untuk memulai suksesnya di usaha makanan.

1. Memilih aneka macam lauk pauk serta sayur yang banyak diminati konsumen. Misalnya seperti berbagai macam olahan ayam, ikan, telur, tempe, tahu, gorengan, serta beraneka macam masakan sayur yang banyak dicari masyarakat di sekitar lokasi usaha.

2. Utamakan kualitas produk. Setelah memilih menu yang dipasarkan, langkah berikutnya yaitu memproduksi aneka macam lauk dan sayur yang cita rasanya berkualitas. Baik dari pemilihan bahan baku yang benar-benar berkualitas, proses produksi yang higienis, serta memberikan bumbu yang pas bagi setiap masakan yang ditawarkan. Sehingga cita rasa yang ditawarkan pada para konsumen benar-benar pas dan berkualitas.

3. Cari lokasi usaha yang strategis. Untuk menghemat biaya operasional, Anda bisa memanfaatkan lokasi usaha di depan rumah atau di pinggir jalan yang ramai di lalui kendaraan. Semakin ramai lalu lintas lokasi tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang Anda ciptakan.

4. Persiapkan peralatan dan perlengkapan usaha. Sebenarnya peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Anda dapat menggunakan meja panjang untuk memasarkan berbagai dagangan Anda. Dan untuk tempat lauk pauk bisa dipisahkan sesuai jenisnya dengan menggunakan wadah baskom atau lengser, sedangkan untuk masakan sayur dapat dibungkus menggunakan plastik, mika, atau kertas bungkus dan diatur rapi seperti penataan pada lauk pauk.

5. Lakukan survey pasar untuk mengetahui patokan harga yang ada di pasaran, besarnya minat pasar, serta mencari tahu para pesaing yang ada di sekitar lokasi Anda. Dengan begitu Anda memiliki sedikit gambaran untuk menentukan rencana usaha yang akan Anda jalankan.

6. Sebagai contoh, berikut kami sertakan salah satu resep masakan lauk yang banyak diminati pasar, yaitu semur ayam.

RESEP SEMUR AYAM

Asumsi

Resep untuk 5-6 orang

Bahan:

1 ekor ayam

750 cc air

¼ sdt gula merah

5 sdm kecap manis

bawang goreng

Bumbu yang dihaluskan:

2 butir bawang merah

5 siung bawang putih

1 sdt merica

¼ butir pala

1 sdm garam

Cara Membuat:

- Cuci bersih ayam lalu dipotong-potong menjadi 5-6 bagian

- Siapkan air di dalam panci lalu masukkan potongan ayam. Rebus hingga setengah matang dan sisihkan.

- Sementara itu tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, kemudian masukan ayam yang telah direbus. Dan tambahkan kecap manis, gula merah dan air

- Masak sambil diaduk pada api sedang hingga kuah mengental

- Angkat dan berikan taburan bawang goreng. Menu siiap dihidangkan

E. Kelebihan usaha

Hampir semua orang di daerah perkotaan memiliki rutinitas atau aktivitas harian yang cukup tinggi, sehingga banyak yang tidak sempat memasak sayur maupun lauk pauk ditengah kesibukan yang mereka miliki. Kondisi ini tentu sangat menguntungkan para pelaku bisnis makanan serba lauk, karena prospek pasarnya masih sangat bagus.

Selain prospek pasarnya bagus, menekuni usaha makanan serba lauk tidak membutuhkan modal besar. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki cukup modal, jangan berkecil hati dengan keadaan yang Anda miliki. Karena dalam bisnis ini modal yang terpenting adalah skill atau kemampuan Anda dalam menghasilkan lauk pauk serta masakan sayur dengan cita rasa yang pas di lidah para konsumen.

F. Kekurangan usaha

Resiko usaha yang sering dialami para pelaku usaha di bidang makanan yaitu harga bahan baku yang tidak stabil. Terutama harga ayam, ikan, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Sehingga para pelaku usaha sering kesulitan dalam memberikan harga, karena penawaran harga yang terlalu tinggi juga tidak disenangi para konsumen. Untuk mengatasinya, lakukan survey harga di beberapa supplier atau pasar tradisional yang ada di sekitar lokasi Anda. Agar Anda dapat mengetahui tempat kulakan yang menawarkan harga cukup murah.

Resiko lainnya yaitu adanya lauk pauk maupun masakan sayur yang masih tersisa. Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya para pelaku usaha memperhitungkan dengan cermat jumlah masakan yang akan diproduksi setiap harinya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko kerugian yang mungkin diperoleh para pengusaha, ketika masakan mereka tidak habis terjual.

G. Pemasaran

Pada dasarnya pemasaran bisnis warung lauk pauk dan sayur terbilang cukup sederhana. Yang terpenting pilih lokasi usaha di tempat yang cukup strategis. Sehingga para konsumen dapat mengetahui keberadaan lokasi usaha Anda dengan mudah.

Selanjutnya para pelaku usaha dapat memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut, untuk memasarkan produknya ke masyarakat luas. Semakin banyak konsumen yang menginformasikan usaha Anda, maka semakin lebar pula peluang pasar yang bisa Anda jangkau.

Sedangkan untuk menarik minat konsumen, Anda dapat meletakan semua lauk pauk dan masakan sayur yang Anda tawarkan di tempat yang terlihat para konsumen (misal menatanya diatas meja). Meskipun sederhana namun cara ini cukup efektif dan berhasil menarik minat para konsumen yang melewati lokasi usaha Anda, karena tak jarang banyak konsumen yang tertarik mampir dan membeli setelah mereka melihat aneka macam lauk yang ditawarkan di atas meja.

H. Kunci sukses

Untuk mencapai kesuksesan di usaha makanan serba lauk, sebaiknya jaga kualitas rasa masakan yang Anda tawarkan ke konsumen. Dan berikan harga jual yang terjangkau oleh semua kalangan. Dengan demikian konsumen tidak segan untuk kembali membeli lauk pauk serta masakan sayur yang Anda tawarkan.

 

I. Analisa Ekonomi 

Modal awal

Meja panjang Rp 2.000.000,00

Peralatan masak (kompor, panci, wajan, dll) Rp 1.000.000,00

Perlengkapan (baskom dan nampan) Rp 500.000,00+

Total Rp 3.500.000,00

Meja, peralatan masak dan perlengkapan mengalami penyusutan setelah digunakan 2 tahun.

Dengan rincian : 1/24 bulan x Rp 3.500.000,00 = Rp 145.000,00/bulan

Biaya operasional per bulan

Belanja bahan baku (@ Rp 200.000,00/hari x 30 hr) Rp 6.000.000,00

Tabung gas 3 kg (@ Rp 25.000,00 x 8 tabung) Rp 200.000,00

Perlengkapan (plastik, kertas bungkus, dan mika) Rp 300.000,00

Biaya Gaji Karyawab Total Rp 7.000.000

Biaya penyusutan alat Rp 150.000,00

Biaya transportasi (@ Rp 20.000,00/hr x 30 hari) Rp 600.000,00

Biaya kebersihan dan keamanan Rp 100.000,00+

Total Rp 14.350.000,00

 

Omset per bulan

Penjualan rata-rata per hari :

Penjualan lauk ayam : @ Rp 8.000,00 x 25 potong Rp 200.000,00

Penjualan lauk ikan : @ Rp 6.000,00 x 25 potong Rp 150.000,00

Penjualan lauk telur : @ Rp 3.000,00 x 25 telur Rp 75.000,00

Penjualan tahu/tempe : @ Rp 2.000,00 x 40 buah Rp 80.000,00

Penjualan aneka sayur : @ Rp 2.000,00 x 70 bungkus Rp 140.000,00+

Total penjualan per hari Rp .645.000,00

Omset per bulan : Rp 645.000.00 x 30 hari = Rp 19.350.000,00

 

J. Laba bersih per bulan

Rp 19.350.000,00 – Rp 14.350.000,00 = Rp 5.000.000,00

ROI (Return of Investment)


Read More

Senin, 19 September 2016

Sambil Ngumpul main Werewolf


Hai semua... sebelomnya aku ma nanya nih, kamu udah pernah main werewolf blom? atau jangan-jangan kamu ga tau nih. hehehe becanda deng..

kalo ada yang belum ngerti, sini biar aku jelasin...
jadi, Werewolf Game itu permainan psikologi yang asik buat bikin suasana ngumpul jadi makin seru. Jujur deh, biasanya kamu kalo lagi ngumpul sama temen2 gitu pasti ada aja tuh temen yang gadgetan mulu, nah.. main werewolf inilah yang bakalan bikin suasana seru..

Biasanya, main werewolf ini dimainin minimal sama 6 orang. Satu orang jadi moderator, trus yang lainnya bakalan dapet peran gitu. Perannya itu ada: Werewolf, Villager, Drunk, *apalagi yah?* dll. Kenapa permainan ini seru menurut aku? soalnya di permainan ini kita saling bo'ong tentang peran yang kita dapetin buat lindungin diri, yang jahat pura2 baik, yang baik kekeuh bilang dia bukan komplotan werewolf, pokoknya seru deh..

Sekarang aku mau cerita dikit nih tentang awal aku main werewolf atau pengalaman aku main deh..
Awalnya aku iseng-iseng nontonin videonya bang Raditya Dika (tau kan?), trus aku sempet liat videonya yg "MAIN WEREWOLF" nah di situ bang radityadika ngeshare video main werewolfnya sama pemain film Ada Cinta di SMA. Yang ini niih videonya:



Gara-gara liat video itu, aku jadi kepengen nyoba.. tapi masih ga dapet serunya sih soalnya aku sama temen2 aku waktu itu belom terlalu ngerti. Trus divideo lainnya bang radit liatin tutorialnya, abis itu baru deh aku ngerti.
TAPI... sekarang aku malah mikir.. "yah.. ternyata kudu punya alatnya dulu -_-", nah aku ngeliat kalo kita harus punya kartunya dulu biar bisa main werewolf.☹
nah.. aku iseng2 deh tuh nge-Googling orang yang jual kartu werewolfnya. TAPI (lagi), aku malah nemu website yang kece banget..!! dan bahasa indonesia. hihih.. ini nih websitenya:
Aku ga perlu beli kartu werewolf dan ngabisin uang buat main game yang satu ini.. mayanlah pengiritan, uangnya bisa buat makan hehehe..☺

daaann.. kitapun (aku sama temen2 aku) mulai mainin game yang satu ini tiap kali lagi ngumpul.☺ yaa.. kalo udah 6 orang sih..

Sumpah aku jadi ketagihan main game ini... asli...
Oiya buat kamu yang belom ngerti cara mainnya, kamu cek aja disitus itu.. tutorialnya lengkap kok...
kita juga ga perlu login lhoo.. trus kalo kamu mau download buat android juga bisa tuh...

gini nih tampilannya:
   

segitu dulu deh aku sharingnya... kalo mau komen, gausah malu2 yaa.. ☺
Byeeeeee... 
Read More

Minggu, 18 September 2016

Ruang Lingkup Bisnis

BAB 1


PENGERTIAN BISNIS

Bisnis adalah semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barang melalui saluran yang produktif dari membeli bahan mentah sampai menjual barang jadi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuantungan yang maksimum melalui transaksi.

FUNGSI-FUNGSI BISNIS

Memperoleh Bahan Baku (Acquiring Raw Material)
Perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur akan berusaha memperoleh bahan baku dengan harga optimal serta terjaga kesinambungan pasokannya.
Mengelolah Bahan Baku (Manufacturing Raw Materials Into Products)
Setelah bahan baku diperoleh, perusahaan akan mengelolah bahan baku tersebut menjadi produk.
Mendistribusikan Produk Kepada Konsumen (Distributing Products To Consumers)
Produk yang dihasilkan perusahaan selanjutnya didistribusikan kepada konsumen. Kegiatan distribusi produk dari produsen kepada konsumen melibatkan berbagai perusahaan bisnis lainnya seperti perusahaan distributor, ekspedisi, asuransi, grosir, toko pengecer dll.
KONSUMEN BISNIS

Companies That Consume
Apabila sebuah perusahaan membeli produk atau jasa untuk dijadikan sebagai bagian dari produk akhir perusahaan maka perusahaan tersebut disebut original equipment manufacturer (OEM).

Government Agencies
Pemerintah merupakan pembeli terbesar produk-produk tertentu yang dihasilkan perusahaan. Pemerintah merupakan pembeli bahan kebutuhan pokok terbesar untuk memenuhi kebutuhan seluruh indonesia.

Institusions
Institusi mencakup berbagai organisasi seperti sekolah, rumah sakit, lembaga keagamaan. Lembaga pendidikan merupakan pembeli buku, alat tulis, kertas sedangkan rumah sakit pembeli produk farmasi, alat kesehatan dll.

Resellers
Perusahaan yang melakukan pembelian produk dari produsen untuk dijual kembali kepada konsumen.







TUJUAN BISNIS

Menurut Peter Drucker (1968 : 83) Tujuan bisnis yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan mencakup : market standing, innovation, physical and attitude, public responsibility. Gitman (2006) menambahkan bahwa tujuan utama yang ingin dicapai oleh aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan adalah stockholders’wealth maximization.


Wealth Maximization 
Para pelaku usaha mendirikan perusahaan dengan harapan agar usaha yang dibangunnya mampu memberikan keuntungan (profit) yang akan menambah kekayaan para pengusaha tersebut. 

Market Standing 
Penguasaan pasar (market standing) merupakan salah satu tujuan utama perusahaan. Penguasaan pasar akan memberikan jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan (sales revenue) dan profit dalam jangka panjang.

Innovation 
Ada dua jenis inovasi.Pertama inovasi produk atau jasa . kedua inovasi berbagai keahlian (skills). Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan niai pada suatu produk.

Physical and Financial Resources 
Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, kemampuan perusahaan untuk memperoleh pasokan bahan baku yang berkelanjutan dengan harga yang bersaing akan sangat menentukan daya saing perusahaan.

Profitability
Bisnis yang dilakukan para pelaku bisnis tidak hanya mengandalkan keuntungan/laba sesaat, melainkan diharapkan dengan adanya laba maka perusahaan dapat menumbuh kembangkan usahanya menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.

Manager Performance and Development 
Manajer merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manajer perlu memiliki berbagai pengetahuan (knowledge), kemampuan (skills) dan perilaku (behaviour) yang berkaitan dengan profesi nya. Agar perusahaan dapat mencapai tujuan .

Worker Performance and Attitude
Perusahaan harus membuat tujuan yang spesifik terkait dengan pemeliharaan dan pengembangan karyawan agar karyawan- karyawan dapat bekeerja dengan baik.

Public Responsibility
Bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi, menciptakan lapangan kerja dll. Saat ini peerusahaan yang melakukan kegiatan barang dan jasa semakin didorong untuk mengadopsi suatu kebijakan environmental sustainability-yaitu pengembangan strategi usaha yang dapat memelihara lingkungan hidup secara berkelanjutan dimana pada saat yang sama perusahaan dapat menghasilkan laba.
Pada tingkat paling dasar, perusahaan melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pengendalian dan pencegahan polusi. Pada tahap kedua perusahaan dapat melakukan aktivitas product stewardship-di mana pada kegiatan produksi ini perusahaan tidak hanya meminimalisasi terjadinya polusi 

dari kegiatan produksi melainkan memperkecil dampak yang di timbulkan dari produk jadi perusahaan selama masa daur hidup produk tersebut terhadap lingkungan hidup. Pada tahap ketiga perusahaan merencanakan untuk menetapkan teknologi- teknologi lingkungan yang baru (new environmental technologies). Pada tahap keempat, perusahaan dapat mengembangkan suatu sustainability vision yaitu suatu visi yang dapat menjadi pemandu bagi pengembangan produk, proses produksi, teknologi produksi dan hal lainnya yang dapat menjamin tercapainya environmental sustainabillity.

B2B VS B2C
Apabila perusahaan menjual produknya kepada perusahaan lain maka perusahaan dikatakan tengah melakukan aktivitas business to business (B2B). 
Aktivitas bisnis yang dilakukan oleh perusahaan yang menjual produknya langsung kepada konsumen ini dikategorikan sebagai aktivitas business to consumer (B2C).
Read More

© Inesmeri, Just my profile.

Redesigned by Uda Ojan